• timbangan-bayi
Senin 16 April 2018

Timbangan Bayi

Timbangan bayi adalah alat yang biasa digunakan untuk mengetahui berat badan bayi yang baru saja dilahirkan ke dunia ini. Sebulum majunya teknologi, timbangan bayi masih menggunakan cara yang manual dengan menggunakan timbangan dacin atau timbangan gantung manual. Cara menggunakannya dengan mengaitkan kain hingga seperti ayunan kemudian bayi akan diletakkan dalam kain tersebut.

          Biasanya timbangan bayi digunakan di rumah sakit, puskesmas, posyandu,dan klinik. Selain untuk mengetahui berat badan bayi yang baru lahir, biasanya juga digunakan untuk aspek kesehatan karena timbangan bayi ini dapat memudahkan dalam pengontrolan dari berat badan bayi, jika mengalami penurunan yang drastis, maka anak tersebut pasti mengalami gejala suatu penyakit dan harus di periksa dengan dokter.Sebaliknya, jika berat badan anak tersebut naik, maka anak tersebut sehat dan bebas dari penyakit.

         Desain pada timbangan bayi itu sendiri di desain sesuai dengan kenyamanan agar sang bayi nyaman dan tidak merasa resah saat ditimbang. Seperti pada dasarnya, bayi yang baru lahir sangat sensitif terhadap benda apapun, maka dari itu timbangan ini berbeda dari timbangan-timbangan lainnya.

         Sekarang semakin majunya teknologi, telah hadir timbangan bayi dengan otomatis dengan indikator berupa jarum jam dan juga digital. Dengan diciptakannya timbangan bayi otomatis dimaksudkan agar penimbangan bisa dilakukan dengan cepat dan akurat.

         Berikut ada beberapa cara penggunaan dan juga perawatan timbangan bayi :

Lepaskan penyangga yang ada pada kedua sisi timbangan, pasang nampan dan skrup dengan kuat agar tidak terlepas pada saat penimbangan yang membahayakan sang bayi Letakkan pada bidang yang datar, sebelum melakukan penimbangan putar knob untuk menyesuaikan index pada posisi “0”, maka timbangan sudah bisa digunakan.

Perawatan pada penimbangan bayi :

•Tidak dianjurkan memutar knob lebih dari batas minimal ataupun maksimal.

•Bersihkan selalu agar terhindar dari kotoran atau noda, bersihkan dengan menggunakan kain yang lembut dan hindari menggunakan air panas dan cairan organic.

•Jangan di letakkan dekat api/panas dan hindari paparan sinar matahari secara langsung.