Article

Manfaat Timbangan Duduk dalam Dunia Usaha

Dalam artikel ini, anda akan menjelaskan tentang bagaimana manfaat timbangan duduk dalam dunia usaha beras.

Beras, siapa yang tidak tahu beras, merupakan suatu bahan pokok yang terpenting dalam peradaban indonesia. Berasal memanfaatkan nasi, makanan pokok terpenting warga dunia, beras juga digunakan sebagai bahan panganan dan kue-kue, terutama dari ketan. Beras sendiri mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita antara lain karbohidrat, lemak, udara, besi, magnesium, fosfor, potasium, seng, vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan serat. Kandungan gizi pada setiap beras bervariasi, perbedaan kandungannya terdapat pada protein, besi, seng dan serat.

Dengan banyaknya manfaat yang dikandung oleh beras bagi tubuh kita, maka usaha pertanian padi di indonesia meningkatkan gencar. Dalam usaha pertanian padi diperlukan peralatan yang memadai untuk mendukung kegiatan usaha. Salah satu alat yang dibutuhkan adalah timbangan. Manfaat timbangan duduk dalam usaha pertanian beras berguna untuk mengetahui bobot yang akan diproduksi maupun dalam negeri.

timbangan duduk

Penimbangan tentu saja dalam jumlah besar, makanya dalam hal ini perlu memerlukan timbangan yang memiliki kapasitas besar yang memadai. Dalam hal ini timbangan duduk bisa menjadi solusi karena memiliki berat dengan kapasitas mulai dari 30 kg hingga 500 kg dengan pilihan platform atau alas timbang yang bervariasi.

Di samping ukuran platform dan kapasitas yang bervariasi timbangan digital juga memiliki keunggulan. keunggulan itu berada pada bagian hasil penimbangan. dimana hasil timbangan yang dihasilkan pada layar indikator berupa angka sehingga memiliki hasil yang tepat dan akurat. Sedangkan timbangan duduk analog itu cenderung bergerak gerak sehingga dapat menghasilkan angka yang tidak akurat.

Untuk penimbangan beras dalam skala yang sangat besar, timbangan duduk ini memiliki ketahanan yang kuat dan terjamin karena terbuat dari stainless steel sehingga meskipun penimbangan akan dilakukan secara ditumpuk. Karena timbangan ini menggunakan sistem digital, sehingga memudahkan para pekerja untuk mengetahui berapa berat yang tertimbang karena tampilan layar langsung akan mengeluarkan angka yang sesuai dengan berat yang kita timbang. Dengan demikian timbangan duduk digital akan sangat membantu bagi pekerja dalam kegiatan usaha pertanian.

Timbangan Lantai, Timbangan Kokoh

Pusat Timbangan – Floor Scale atau timbangan lantai mempunyai bentuk dari ciri yang unik. Sesuai dengan namanya yaitu floor scale yang berarti timbangan lantai,timbangan ini berbentuk seperti lantai. pada umumnya bentuk pola pada lantai memiliki 4 sisi yang sangat panjang, makanya dari itu floor scale juga memiliki pola berupa persegi .

kapasitas yang mampu ditahan oleh floor scale sangat besar. beban berat yang dapat ditahan adalah sampai 1000 kg atau sama dengan 1 ton. hal itu  didukung dari struktur yang dimiliki oleh floor scale.kerangka timbangan lantai terbuat dari bahan yang kuat. bahan tersebut berupa plat, H Beam,Beam,wf,Holo dan siku.

kokohnya timbangan lantai menjadikan alat ini sangat banyak digunakan untuk kegiatan industri dengan skala besar untuk mengetahui berat beban yang ingin diolah atau yang dihasilkan.

dibalik floor scale, sensor yang digunakan yaitu load cell shear beam atau single point. itulah sebab floor scale dapat menghitung beban dengan kapasitas yang sangat besar.

floor scale juga termasuk  dalam  timbangan digital. karena timbangan lantai juga  menggunakan indikator digital yang menggunakan arus listrik sebagai satu daya. indikator yang digunakan pada floor scale juga dapat diganti-ganti karena floor scale dengan indikator terhubung dengan kabel. 

kelebihan Timbangan Lantai yaitu :

1.mampu menahan beban dengan kapasitas yang sangat  besar dan sangat berat

2.konstruksi yang digunakan dari bahan yang sangat kuat agar bisa menahan beban yang dua kali lipat besarnya dan beratnya 

3.sangat kokoh dan tahan lama

4.tidak memerlukan yang namanya tempat yang luas untuk penempatannya

5.menggunakan indikator digital indikator dapat diganti-ganti

6.dan timbangan lantai lebih efisien dalam proses penimbangan berlangsung

timbangan lantai juga memiliki berbagai macam jenis dan juga berbagai banyak tipe dengan spesifikasi yang berbeda-beda.anda bisa mengunjungi halaman ini untuk melihat-lihat berbagai jenis dan juga berbagai tipe timbangan lantai dengan spesifikasinya yang sesuai dengan kebutuhan anda

Timbangan Lantai

kategori timbangan Timbangan Lantai berdasarkan kegunaan dan fungsinya

1.checkweigher ( Timbangan digital untuk menimbang batas atas dan batas bawah dari berat yang sudah ditetapkan ). jenis ini umumnya ditempatkan di bagian distribusi barang dan packing produk,jika kita menggunakan tipe ini akan memperkecil lost produk di bagian tersebut.

2.counting scale ( timbangan digital untuk menghitung jumlah barang ),umumnya type ini ditempatkan di gudang spare part dan aksesoris. jika menggunakan type ini human error/kesalahan dalam menghitung, akan diperkecil bahkan bisa hilang. dan sebagian besar tipe produk ini mempunyai fungsi penyimpanan (memori) untuk menyimpan hasil penimbangannya

3.pricing scale (timbangan harga ),umumnya timbangan ini digunakan oleh pedagang dan pengusaha retail (indomaret,alfamart,carrefour,dll) timbangan ini mempermudah untuk menghitung total harga per kilonya dari barang yang dijual , produk ini sangat praktis dan efisien untuk pedagang.

4.filling scale ( timbangan digital untuk menimbangkan benda cair, liquid dan sejenisnya,yang proses penimbangannya bisa manual atau otomatis )

5.laboratory scale (timbangan digital lab) timbangan ini mempunyai daya baca dengan tingkat akurasi yang tinggi , umumnya digunakan di laboratorium farmasi,laboratorium industri dan penjualan batu mulia.

6.animal scale (timbangan digital untuk menimbang hewan) timbangan ini ada spek khusus yang tidak dimiliki timbangan-timbangan lain.timbangan ini mempunyai fungsi khusus untuk menimbang hewan, karena perilaku hewan yang dinamis atau selalu bergerak.

7.waterproof scale ( timbangan digital kedap air ) penggunaan timbangan ini umumnya hanya sebatas nimbang tidak ada fitur – fitur lain, tetapi kelebihannya timbangan ini tahan dengan siraman benda cair ,karena bagian vital unit tersebut dibungkus dengan bahan kedap air.timbangan ini umumnya dipakai cold storage , pelelangan ikan dan usaha -usaha yang lokasi produksinya hampir 80% ada airnya

8.explosion scale (timbangan digital explosion) fitur dari timbangan ini lebih di utamakan keamanan dan keselamatan penggunanya,umumnya timbangan ini di tempatkan di area yang ekstrim dan berbahaya.

9.truck scale (timbangan mobil) timbsnsgsn ini digunakan untuk menimbangan proses masuk dan keluar kendaraan yang membawa barang . sekarang ini hampir semua perusahaan memiliki timbangan ini, karena dapat mengontrol dalam pendistribusian produk baik internal maupun eksternal.

10.batching / hopper scale , umumnya type ini dipakai di industri makanan,semen,dan pembuatan batako

inilah timbangan lantai berdasarkan kegunaan dan fungsinya

Timbangan Analitik, Solusi Mengukur Massa Zat Laboratorium

Timbangan Analitik

Timbangan Analitik/Neraca Analitik

Pusat Timbangan – Timbangan Analitik/Electronic Balance adalah sebuah Instrumen Laboratorium yang digunakan untuk mengukur massa suatu zat. Alat ini memiliki beberapa nama lain seperti timbangan analitik, neraca analitik, timbangan gram halus atau timbangan laboratorium. Agar pembahasan artikel ini lebih mudah dijangkau oleh orang awam, kita akan membahasnya dari pengertian neraca elektronik, fungsi neraca elektronik, jenis-jenis neraca elektronik, bagian-bagian pada neraca elektronik, dan cara menggunakan neraca elektronik. 

Dan kita awali pembahasan kita dengan tema

Pengertian Timbangan Analitik . 

Seperti yang telah kita ketahui, Timbangan Analitik merupakan sebuah instrumen atau alat laboratorium yang umum. Electronic balance atau timbangan analitik merupakan salah satu alat yang masuk ke dalam kategori peralatan laboratorium umum bersama dengan beberapa alat lainnya seperti mikropipet, moisture analyzer dan laminar air flow.

Pada dasarnya Electronic balance adalah sebuah timbangan yang digunakan untuk mengukur suatu benda, sama seperti timbangan pada umumnya. Namun Electronic balance memiliki kemampuan yang lebih spesifik dan sesuai untuk menimbang benda dengan berat yang sangat ringan. Sebut saja 0,1 mg seperti yang dijelaskan pada Wikipedia.

Fungsi Saldo Elektronik

Fungsi timbangan tentunya untuk menimbang, lalu apa fungsi Electronic balance ? Sebetulnya Electronic balance merupakan timbangan yang diperuntukan untuk orang yang bekerja di laboratorium, itulah sebabnya mengapa Electronic balance sering sebagai timbangan laboratorium.

Timbangan analitik sering ditemukan dan digunakan di laboratorium, dan orang yang menggunakannya disebut laboran. Selain laboran, Electronic balance juga digunakan oleh peneliti, analis atau ahli laboratorium. Electronic balance biasa juga digunakan untuk membuat komposisi suatu zat baru dari beberapa zat yang telah ditentukan.

Pernahkan anda penasaran dan mencoba bagaimana rasanya jika 5 gram gula dan 5 gram garam diaduk bersama 100ml air, mana rasa yang lebih dominan? Jika Anda yakin rasanya seperti itu tentu perlu dibuktikan terlebih dahulu. Ngomong-ngomong, ternyata kita sedang membicarakan solusi oralit. Bayangkan juga larutan oralit yang kita rasa tidak enak itu, diberi perasa jambu supaya lebih enak dan lebih nikmat diminum. Nah, komposisi itulah yang biasanya dibuat oleh para peneliti untuk mendapatkan suatu hasil yang maksimal dengan rasa yang tetap enak dan nikmat di lidah. 

Jenis saldo Elektronik 

Sebelum berbicara tentang timbangan elektronik , kapan terakhir kali anda melihat timbangan? Timbangan jenis apa yang terakhir kali anda gunakan? ya. Beberapa hari lalu Anda pergi ke pasar tradisional untuk membeli suatu barang dan tanpa sengaja Anda melihat sebuah timbangan emas di sudut ruangan. Anda pergi ke supermarket dan membeli buah yang ditimbang dengan timbangan digital, untuk kemudian ditempel harga yang perlu dibayar. Mungkin juga anda pergi ke warung untuk membeli terigu dan melihat timbangan duduk warung. Atau mungkin anda pernah lupa, bahwa setiap minggu anda menyatukan berat badan anda dengan timbangan.

Secara umum, berdasarkan cara penggunaannya timbangan elektronik dibagi menjadi 2 jenis, yakni :

  • Analog
  • Digital

timbangan elektronik analog merupakan timbangan elektronik yang proses pengoperasiannya masih manual, yakni dengan menggeser-geser slider (bisa juga dengan anting). Pada timbangan analitik analog, untuk melihat massa sebuah zat yang perlu kita geser-geser slider. Meskipun saja ada 3 buah lengan slider yang bisa digeser(ratusan, puluhan dan satuan), maka untuk menganalisis massa sebuah zat perlu dengan ketiga slider tersebut hingga menyeimbangkan menjadi seimbang, barulah kita melihat berapa berat zat tersebut.

Berbeda dengan Electronic balance analog, Electronic balance digital menawarkan kemudahan dalam pengoperasian. Kita tinggal menempatkan zat yang akan diukur massanya pada wadah yang telah disediakan atau dikenal dengan istilah balance pan. Penggunaan timbangan analitik digital yang mudah menjadi pilihan bagi para laboran dan untuk bekerja dengan cepat dan praktis.

Setiap keseimbangan elektronik memiliki tingkat akurasi yang berbeda, akurasi dalam mengukur berat benda sering diistilahkan dengan kata “resolusi”. Seiring dengan waktu dan pemakaian yang terus menerus, penggunaan timbangan analitik akan mengurangi keakuratan dalam menimbang. Jika dirasa timbangan analitik sudah tidak presisi, maka timbangan analitik perlu di kalibrasi. Kalibrasi merupakan proses pengaturan ulang alat ke nilai standar dan presisi.

Berdasarkan proses kalibrasinya, Electronic balance dibagi menjadi 2 jenis, yakni:

  • Kalibrasi Eksternal
  • Kalibrasi Internal

timbangan elektronik external kalibrasi merupakan timbangan elektronik yang memerlukan komponen lain(sebutkan saja bandul kalibrasi) untuk proses kalibrasi. Proses kalibrasi ini perlu dilakukan orang yang memang berkompeten dalam hal kalibrasi timbangan analitik.

Timbangan analitik internal kalibrasi merupakan timbangan elektronik yang untuk melakukan proses kalibrasi tidak memerlukan komponen tambahan. Pada timbangan analitik internal kalibrasi kita tinggal melakukan pengaturan ulang timbangan mengikuti sesuai buku panduan.

Bagian-Bagian pada Saldo Elektronik

Pada umumnya, sebelum kita menggunakan alat laboratorium tentunya harus memahami terlebih dahulu apa fungsi alat tersebut dan bagian mana yang perlu menangani lebih hati-hati. Dalam hal ini, kita akan membahas mengenai bagian-bagian pada timbangan elektronik.

Pada dasarnya timbangan elektronik memiliki fungsi yang sama, yakni mengukur massa suatu zat. Beberapa bentuk dari Electronic balance mungkin membuat anda bingung mengenai bagian dari Electronic balance tersebut. Berikut adalah beberapa contoh gambar saldo Elektronik : 

 Setelah Anda melihat beberapa gambar timbangan elektronik, tentu Anda memahami bahwa sebenarnya poin utama pada timbangan elektronik adalah pelat timbangan. Weighing plate merupakan bagian dari Electronic balance yang digunakan untuk meletakan zat yang akan kita hitung massanya.

Indicator Digital, Alat Ukur yang Praktis

Mengenal Digital Indicator

Digital Indicator adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur atau memeriksa kerataan/kesejajaran. Keolengan putaran benda kerja dan kebengkokan poros pada permukaan benda kerja dengan skala pengukuran yang sangat kecil. Indikator Digital memiliki keuntungan untuk mengumpulkan data dalam proses aplikasi kontrol. Digital Indicator dapat menampilkan pengukuran secara langsung, biasanya sebagai nilai aktual, seperti 20.00 mm, ke printer atau program SPC tanpa kesalahan operator dalam membaca atau merekam.Operator cukup hanya memposisikan benda kerja dan menekan tombol. Proses digital ini bahkan telah menjadi teknologi nirkabel (wireless) dalam lima tahun terakhir.

Indikator Digital merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk indikator timbangan yang biasanya juga digunakan untuk perusahaan komersial baik itu digunakan untuk timbangan lantai maupun timbangan skala berat seperti timbangan truck. Dan Indicator Digital, Alat Ukur yang Praktis ini menggunakan program dengan resolusi yang tinggi, sehingga data yang ditampilkan lebih baik dan menarik . indikator digital ini  juga biasa dipanggil dengan sebutan Berat Indikator. Dan beberapa penjelasan tentang indikator digital sebagai berikut :  

Sistem Indikasi

Sistem indikasi atau pencatatan jenis pemilih atau yang kemajuan terus-sebentar dimana semua nilai-nilai yang disajikan secara digital, atau dalam jumlah. Dalam suatu menunjukkan atau merekam elemen digital, atau dalam representasi digital, tidak ada wisuda. Konferensi Nasional tentang Berat dan Ukuran (NWC) daftar jenis perangkat ini bisa disebut juga sebagai “Menunjukkan Elements” dalam database sertifikat tersebut.

Kondisi Fisik

Konferensi Nasional telah membahas tentang Berat dan Ukurannya

Kondisi fisik dan lingkungan dimana sistem skala beroperasi penting untuk dipertimbangkan saat memilih indikator. Faktor-faktor seperti suhu, kelembaban, debu, kotoran, udara, dan paparan elemen (angin, hujan, matahari, dll) sangat mempengaruhi masa pakai indikator. Memilih indikator dengan perlindungan lingkungan yang tepat adalah kunci untuk mengetahui potensi masalah.Dan sebuah program telah diusulkan oleh beberapa Nasional tentang Berat dan Ukuran untuk memastikan kepatuhan jenis perangkat tertentu dengan lingkungan dan tidak merusak lingkungan tersebut.

Selama bertahun-tahun, kami akan membuat lebih cerdas dan memang agak rumit digunakan daripada timbangan konvensional yang lain. Hal ini kami buat agar indikator digital dapat berinteraksi dengan perangkat yang berbeda-beda seperti Sel Beban, printer, dan komputer melalui kabel)dalam berbagai aplikasi pengukuran tekanan, beban, torsi, akselerasi, perpindahan, aliran, dll Pengaturan untuk lagu, puncak, lembah, dan pilihan operasional lainnya mendukung instrumen ini bisa berguna dengan sebagian besar oleh produksi dan aplikasi kualitas. Beberapa instrumen kekuatan dan kontrol produksi Unipulse memungkinkan untuk input selain sinyal strain gage (seperti pulsa atau input analog) yang memungkinkan dua saluran perbandingan yang kecepatan tinggi produksi pengendalian. 100% tes bagian produksi sekarang dapat dicapai dengan mudah dan dengan biaya yang efektif

– Prosesor Angkatan Dinamis F381

Fungsi perbandingan adalah (perbandingan Sequential HI / LO batas gelombang dan gelombang pengukuran yang sebenarnya). Multifungsinya dan (HI / LO perbandingan batas dilakukan dengan mengubah jenis fungsi terus di setiap segmen pengukuran dibagi).

Standar dilengkapi dengan perpindahan. (Perbandingan gelombang 2-dimensi dimungkinkan dengan menggunakan kedua kekuatan dan perpindahan input). Data pengukuran dan nilai-nilai pengaturan dapat disimpan ke kartu SD Pengaturan parameter dengan mudah dilakukan oleh sentuhan langsung pada panel sentuh. Ditambah umum dan minus umum bersama, dan jenis Sink / Source dipilih . 4000 kali / detik kecepatan tinggi pengolahan digital

– Dinamis Angkatan Prosesor

Setelah digitalisasi sinyal dari sensor dan melakukan pemutaran dan pengolahan operasi dengan kecepatan tinggi. (Sampai 4000 kali / detik) Konverter A/D dan D/A. Dapat digunakan sebagai sinyal kondisioner yang dikeluarkan sebagai sinyal analog oleh penskalaan yang dilakukan.

Multi-hold adalah modus yang mendeteksi item yang diperlukan dalam gelombang yang ditampilkan dan hakim di atas / bawah perbandingan. Hal ini dapat menghafal data yang 32ch yang jenis terus, atas / nilai yang lebih rendah, dll, dan dapat memilih dengan sinyal eksternal

 

Weighing Portable

Weighing Portable atau timbangan digital portable merupakan timbangan digital yang berguna untuk menimbang beban. Timbangan portable ini biasanya digunakan untuk penimbangan di toko, pasar, dan kegiatan penjualan lainnya, memiliki desain material housing yang kokoh serta bahan timbangan yang terbuat dari stainless steel yang membuat timbangan portable ini kuat dan tahan lama untuk penggunaan dalam kehidupan sehari-hari.

Timbangan portable ini terbilang praktis dan mudah sehingga dapat dipindah-pindahkan. Oleh karena itu timbangan ini bersifat ‘portable’. Karena timbangan ini sumber dayanya menggunakan baterai yang dapat diisi ulang, sehingga timbangan ini dapat digunakan tanpa aliran listrik yang harus selalu di koneksikan ke aliran listrik. pada konektor kabel powernya juga dilengkapi dengan karet yang dapat menyebabkan akan terjadinya korsleting   

Timbangan portable/Weighing Portable ini bentuknya terpisah antara tempat timbang dan layar hasil berat dari bendanya. Yang biasanya diSambungkan dengan tiang penyangga.

contohnya adalah timbangan truk portable

Meskipun semua timbangan sama itu memiliki fungsi yang sama, tapi Weighing Portable memiliki keunggulan tersendiri dibanding jembatan timbang (weighbridge) timbangan truck “ portable ini sifatnya tidak permanen sehingga penggunaannya lebih simpel dan bisa dibawa kemana mana sesuai tempat dan kebutuhan. Dari sini sudah jelas bahwa timbangan portable lebih disarankan terutama bagi pihak industri perkebunan yang sulit terjangkau oleh jembatan timbangan.

Berbeda dengan jembatan timbang yang membutuhkan biaya untuk pondasi sipil, timbangan portable tidak memiliki pondasi atau bantuan lainya, hanya meletakkan di lantai langsung.

komponen komponen timbangan portable adalah:

  • Double frame
  • indikator
  • loadcell
  • Junction box
  • external display
  • software weighbridge

weighing portable

Harga Weighing Portable:

Meski memiliki spesifikasi yang sama namun tiap tiap Distributor memiliki harga yang berbeda beda. Di indonesia banyak supplier yang menawarkan timbangan portable truck dengan berbagai macam model dan merk. Dari perbedaan merk saja jelas bahwa terdapat selisih harga yang berbeda walaupun tidak terlalu jauh. Timbangan truk portable yang memiliki berbagai merk pun juga mempengaruhi kualitasnya ada yang murah tapi tidak bagus (cepat rusak), ada juga timbangan truk portable dengan harga tinggi tapi dibarengi dengan kualitas yang baik dan berani memberikan garansi selama beberapa tahun.

Sistem kerja timbangan truck portable sangat mudah dan simple. Untuk pemakaiannya tidak membutuhkan training/persiapan  yang lama sehingga lebih praktis digunakan untuk industri perkebunan misalnya dimanapun dan kapanpun. Selain lebih simpel karena dapat dipindah-pindah, timbangan truck portable juga memberi hasil timbangan yang akurat dengan toleransi kecil. Dengan demikian jenis timbangan ini lebih cocok untuk timbangan truk yang mengangkut produk-produk industri atau hasil perkebunan dengan jumlah kecil maupun besar.

Mungkin dari berbagai keunggulan dari timbangan truk portable tersebut kini semakin banyak distributor yang menjual timbangan truck portable berbagai jenis dan merk. Kapasitas atau muatan maksimal yang mencapai 90 ton membuat para distributor yakin bahwa timbangan truck jenis portable semakin banyak peminatnya. Dari pihak konsumen sendiri hal ini cukup menguntungkan sebab dapat memilih dan membandingkan tiap-tiap merk timbangan truck portable untuk mendapatkan produk yang terbaik.

Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu menjadi lebih praktis. Perubahan teknologi dari manual ke digital sangat berpengaruh pada semua aspek termasuk dari sektor industri dan transportasi. Kita ambil contoh timbangan truk portable. Timbangan truk digital ini sekarang semakin menggeser posisi timbangan manual yang konon menjadi satu satunya alternatif menimbang muatan truk. Melihat  dari sini jelas banyak keunggulan yang dihasilkan oleh timbangan truk digital dibanding jenis timbangan sebelumnya.

Kegunaan Weighing Portable pada kepentingan bisnis

Jika dikaitkan dengan kepentingan bisnis maka timbangan truck portable sangat mendukung lancarnya operasional serta mengontrol berat produk dan truk. Selain harga timbangan truk portable relatif terjangkau, efisiensi waktu dan tenaga menjadi alasan mengapa banyak yang lebih memilih timbangan truck portable. Memang, dengan jenis timbangan ini kita hanya butuh maksimal 3 menit untuk mendapatkan hasil timbangan melalui bukti print out yang tercetak otomatis.

Lebih efisien waktu menjadi salah satu bukti keunggulan timbangan truk portable. Bisa dibayangkan jika harus menimbang produk atau hasil perkebunan ratusan ton menggunakan timbangan manual. Belum lagi tenaga yang dibutuhkan untuk mengangkat barang kemudian ditimbang satu-persatu. Tentu tak hanya waktu yang banyak terbuang namun dibutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak untuk menuntaskan pekerjaan. Dari hal-hal tersebut jelas biaya yang dibutuhkan juga semakin membengkak.

Timbangan Duduk Digital, Timbangan yang Multifungsi

Timbangan Duduk Digital atau yang dikenal dengan Digital Bench Scale dalam bahasa Inggris. Dinamakan timbangan duduk dikarenakan oleh bentuk timbangannya seperti bangku dan barang diletakkan dengan posisi orang yang sedang duduk. Timbangan ini merupakan salah satu jenis timbangan digital yang terdiri dari plat timbang untuk meletakkan barang yang akan ditimbang, tiang yang tersambung dengan plat untuk menyambungkan indikator sehingga memiliki bentuk seperti bangku. Hal ini membuat timbangan jenis ini juga sering dikenal dengan sebutan timbangan duduk.

Berdasarkan fitur yang dimiliki timbangan duduk terbagi dalam 2 jenis yaitu waterproof (anti-air) dan non-waterproof (tidak anti air).

Timbangan duduk tahan air adalah timbangan yang sangat cocok untuk digunakan pada  lingkungan yang lembab atau dihidupkan, sehingga timbangan tersebut  dapat untuk bertahan meskipun risiko terkena air atau basah tanpa mengalami kesalahan seperti penimbangan ikan, daging, makanan laut dan sebagainya.

Timbangan duduk non-waterproof adalah timbangan ini cocok untuk digunakan  pada lingkungan yang cenderung kering, namun bukan berarti berat jenis ini tidak dapat terkena dampak sama sekali tetapi ketahanannya terhadap lingkungan basah tidak ada beban timbangan. Biasanya timbangan duduk non-waterproof digunakan untuk penimbangan paket, sembako, beras dan barang atau bahan kering lainnya.

Bench scale memiliki skala penggunaan yang sangat luas, yang digunakan mulai dari dunia industri hingga rumah tangga . Timbangan ini dapat digunakan pada paket penimbangan, penghitungan produk, kegunaan kantor, industri perkebunan , dan masih banyak lagi kegunaannya.

Timbangan Duduk terbagi atas tiga macam:

1. Bench scale digital 

Timbangan digital

2.Bench scale manual

Timbangan manual

3.Bench scale semi digital 

Timbangan semi digital

Bench Scale manual (mechanic bench scale) adalah timbangan duduk/timbangan platform yang masih menggunakan bantuan seseorang dalam menampilkan hasil.

selanjutnya Bench Scale semi digital (hybrid scale) adalah perpaduan antara digital bench scale dengan mechanic bench scale.

komponen-komponennya pada timbangan duduk digital:

bench scale BS-MSF-XD LED DOUBLE DISPLAY – 400X500 terbagi atas dua macam struktur yaitu Display (indicator) dan platform (Body). Sesuai namanya indicator display berfungsi untuk menampilkan hasil beban yang di timbang. Selain itu terdapat tombol tombol fungsi tertentu pada bagian display, untuk kemudahan proses penimbangan dan proses pengkalibrasian apabila terjadi selisih pada hasil.

Timbangan Duduk Digital

Komponen Timbangan Duduk Digital BS-MSF-XD LED DOUBLE DISPLAY – 400X500 yaitu:
  • Panel Display BS-MSF-XD LED DOUBLE DISPLAY – 400X500 adalah bagian user interface depan untuk Bar LED dan letak tombol-tombol fungsi
  • Panel Belakang, user interface untuk display pada bagian belakang indicator.
  • Keypad Panel, pada keypad panel terdapat rangkaian kabel elektronik menyambungkan antara tombol dengan display.
  • Mainboard, merupakan bagian utama dari indikator sebagai pusat dari rangkaian sistem elektronik yang ada pada display.
  • Display LED Font, adalah Lampu Elektronik biasa disebut Bar yang berguna untuk menampilkan angka / digit pada bagian depan.
  • Display LED Back, sama seperti bagian front, hanya ukuran bagian ini lebih kecil, dan untuk display bagian belakang.
  • IC Analog BS-MSF-XD LED DOUBLE DISPLAY – 400X500 Display.
  • Transformer
  • Battery

Komponen yang diatas adalah bagian-bagian yang ada dalam Indicator Timbangan BS-MSF-XD LED DOUBLE DISPLAY – 400X500

Untuk menjadikan Display / indicator tersebut menjadi sebuah timbangan duduk digital ,  masih memerlukan platform/tempat meletakkan massa untuk penimbangan.

Bagian dari platform Timbangan Duduk Digital BSF-MS-XD LED DOUBLE DISPLAY – 400X500 yaitu:
  • Adjustable Foot, adalah kaki penyangga yang diletakan pada bagian bawah body timbangan.
  • Load Cell, atau disebut juga sensor timbangan berguna untuk membaca daya beban/massa, yang kemudian disalurkan ke bagian indicator untuk dikonversi lewat system elektronik, dan ditampilkan berupa digit/angka.
  • Konstruksi Platform / body, untuk konstruksi timbangan duduk beraneka ragam dan ukuran yang bervariasi ada yang terbuat dari stainless steell, besi, baja, aluminium dll.

komponen timbangan digital yang terakhir adalah kabel power, sama seperti alat elektronik lainya, timbangan platform BS-MSF-XD LED DOUBLE DISPLAY – 400X500 juga memerlukan kabel power untuk memberikan arus listrik dari power ke timbangan.

Pusat Timbangan sebagai perusahaan yang menjual segala kebutuhan anda akan load sensor dan timbangan, dengan banyak testimoni dari pelanggang kami, informasi lebih lanjut dapat hubungi :

  • 0878-7867-0721 (Mr.Arya)
  • 0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Timbangan Harga dan Apa Manfaatnya?

TimbanganIndonesia – Timbangan yang sudah beredar di masyarakat adalah Timbangan Digital, maka tidak jarang kita menemukannya diberbagai tempat terutama di pasar. Tidak lagi timbangan hanya berfungsi sebagai mengukur berat suatu benda, tetapi fungsi timbangan yang lainnya adalah untuk menentukan harga suatu benda yang ditentukan oleh berat benda tersebut.

Timbangan yang dimaksud adalah Timbangan Harga. Dimana kini dapat menghitung harga dan menambahkan hasil penimbangan dan harga layaknya kalkulator. Timbangan harga biasanya digunakan di minimarket ataupun supermarket. Barang yang biasanya ditimbang dan untuk menghitung harganya adalah berupa bahan manakan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging, ikan, telur, dan lain-lain. 

Dengan menggunakan Timbangan Digital hasil perhitungan sangat akurat dan presisi, sehingga kecurangan para pedagang akan semakin berkurang. Kemudahan yang diberikan oleh timbangan digital juga termasuk daya tarik yang membuat para pedagang lebih memilih timbangan digital. Para penjual memerlukan waktu lama untuk menentukan harga barang, tetapi kini dalam waktu cepat bisa mengetahui harga barang tersebut. Dengan tipe tertentu, timbangan ini terbuat dari material stainless steel yang menjadikan timbangan ini kuat dan tahan lama.

Timbangan digital sering digunakan oleh para pedagang adalah tipe ACS-A karena timbangan ini sangat cocok untuk digunakan dengan kapasitas kurang dari 40 Kg. Customer yang membeli timbangan ini biasanya orang yang bergerak dibidang bisnis cuci kiloan (Laundry), pedagang buah, pedagang sayur, dan barang yang berhubungan dengan berat.

Terdapat juga timbangan yang tahan akan air sehingga sangat cocok digunakan untuk menimbang hasil laut berupa ikan dan sejenisnya. Tentu layar tampilan hasil penimbangan berupa LCD dengan lampu LED sehingga dapat dengan mudah untuk membaca hasil penimbangan. Power Supply yang digunakan untuk mengoperasikan timbangan ini berupa baterai dan juga aliran listrik.

Kelebihan yang ditawarkan oleh timbangan harga adalah alat timbang dan alat hitung dapat berfungsi pada satu alat. Berikut adalah kelebihan dari timbangan harga :

1. Tahan lama

2. Menghemat waktu dalam penentuan harga barang berdasarkan berat

3. Mempercepat dalam perhitungan harga

4. Mengurangi ketidak akuratan timbangan sehingga menimbulkan kesalahan harga

5. Meminimalisir kerugian akibat kesalahan dalam proses penimbangan

6. Penggunaan yang mudah dan cepat

Apabila terjadi beberapa gangguan, maka lakukanlah kalibrasi dan tera ulang pada timbangan, ada perlunya untuk menggunakan jasa kalibrasi timbangan. Terdapat beberapa peraturan dalam menggunakan timbangan agar tidak terjadi kerusakan, yaitu seperti meletakkan pada tempat yang datar, jauhkan dari alat elektronik lainnya, hindarkan barang di atas timbangan dalam waktu lama dengan maksud tidak untuk menimbang, tempatkan pada ruangan yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung, dan bersihkan timbangan dari kotoran & debu.

Terdapat banyak kategori Timbangan digital yang tersedia seperti, timbangan hewan ternak (dengan kerangkeng, portable, dan tanpa kerangkeng), timbangan lantai (floor scale), timbangan duduk (tersedia pula yang analog), timbangan badan, timbangan gantung (crane scale), timbangan platform, timbangan hybrid, timbangan counting, timbagan harga, timbangan laboratorium (analytical balance), timbangan saku, dan timbangan emas.