Timbangan Analitik

Timbangan Analitik/Neraca Analitik

Pusat Timbangan – Timbangan Analitik/Electronic Balance adalah sebuah Instrumen Laboratorium yang digunakan untuk mengukur massa suatu zat. Alat ini memiliki beberapa nama lain seperti timbangan analitik, neraca analitik, timbangan gram halus atau timbangan laboratorium. Agar pembahasan artikel ini lebih mudah dijangkau oleh orang awam, kita akan membahasnya dari pengertian neraca elektronik, fungsi neraca elektronik, jenis-jenis neraca elektronik, bagian-bagian pada neraca elektronik, dan cara menggunakan neraca elektronik. 

Dan kita awali pembahasan kita dengan tema

Pengertian Timbangan Analitik . 

Seperti yang telah kita ketahui, Timbangan Analitik merupakan sebuah instrumen atau alat laboratorium yang umum. Electronic balance atau timbangan analitik merupakan salah satu alat yang masuk ke dalam kategori peralatan laboratorium umum bersama dengan beberapa alat lainnya seperti mikropipet, moisture analyzer dan laminar air flow.

Pada dasarnya Electronic balance adalah sebuah timbangan yang digunakan untuk mengukur suatu benda, sama seperti timbangan pada umumnya. Namun Electronic balance memiliki kemampuan yang lebih spesifik dan sesuai untuk menimbang benda dengan berat yang sangat ringan. Sebut saja 0,1 mg seperti yang dijelaskan pada Wikipedia.

Fungsi Saldo Elektronik

Fungsi timbangan tentunya untuk menimbang, lalu apa fungsi Electronic balance ? Sebetulnya Electronic balance merupakan timbangan yang diperuntukan untuk orang yang bekerja di laboratorium, itulah sebabnya mengapa Electronic balance sering sebagai timbangan laboratorium.

Timbangan analitik sering ditemukan dan digunakan di laboratorium, dan orang yang menggunakannya disebut laboran. Selain laboran, Electronic balance juga digunakan oleh peneliti, analis atau ahli laboratorium. Electronic balance biasa juga digunakan untuk membuat komposisi suatu zat baru dari beberapa zat yang telah ditentukan.

Pernahkan anda penasaran dan mencoba bagaimana rasanya jika 5 gram gula dan 5 gram garam diaduk bersama 100ml air, mana rasa yang lebih dominan? Jika Anda yakin rasanya seperti itu tentu perlu dibuktikan terlebih dahulu. Ngomong-ngomong, ternyata kita sedang membicarakan solusi oralit. Bayangkan juga larutan oralit yang kita rasa tidak enak itu, diberi perasa jambu supaya lebih enak dan lebih nikmat diminum. Nah, komposisi itulah yang biasanya dibuat oleh para peneliti untuk mendapatkan suatu hasil yang maksimal dengan rasa yang tetap enak dan nikmat di lidah. 

Jenis saldo Elektronik 

Sebelum berbicara tentang timbangan elektronik , kapan terakhir kali anda melihat timbangan? Timbangan jenis apa yang terakhir kali anda gunakan? ya. Beberapa hari lalu Anda pergi ke pasar tradisional untuk membeli suatu barang dan tanpa sengaja Anda melihat sebuah timbangan emas di sudut ruangan. Anda pergi ke supermarket dan membeli buah yang ditimbang dengan timbangan digital, untuk kemudian ditempel harga yang perlu dibayar. Mungkin juga anda pergi ke warung untuk membeli terigu dan melihat timbangan duduk warung. Atau mungkin anda pernah lupa, bahwa setiap minggu anda menyatukan berat badan anda dengan timbangan.

Secara umum, berdasarkan cara penggunaannya timbangan elektronik dibagi menjadi 2 jenis, yakni :

  • Analog
  • Digital

timbangan elektronik analog merupakan timbangan elektronik yang proses pengoperasiannya masih manual, yakni dengan menggeser-geser slider (bisa juga dengan anting). Pada timbangan analitik analog, untuk melihat massa sebuah zat yang perlu kita geser-geser slider. Meskipun saja ada 3 buah lengan slider yang bisa digeser(ratusan, puluhan dan satuan), maka untuk menganalisis massa sebuah zat perlu dengan ketiga slider tersebut hingga menyeimbangkan menjadi seimbang, barulah kita melihat berapa berat zat tersebut.

Berbeda dengan Electronic balance analog, Electronic balance digital menawarkan kemudahan dalam pengoperasian. Kita tinggal menempatkan zat yang akan diukur massanya pada wadah yang telah disediakan atau dikenal dengan istilah balance pan. Penggunaan timbangan analitik digital yang mudah menjadi pilihan bagi para laboran dan untuk bekerja dengan cepat dan praktis.

Setiap keseimbangan elektronik memiliki tingkat akurasi yang berbeda, akurasi dalam mengukur berat benda sering diistilahkan dengan kata “resolusi”. Seiring dengan waktu dan pemakaian yang terus menerus, penggunaan timbangan analitik akan mengurangi keakuratan dalam menimbang. Jika dirasa timbangan analitik sudah tidak presisi, maka timbangan analitik perlu di kalibrasi. Kalibrasi merupakan proses pengaturan ulang alat ke nilai standar dan presisi.

Berdasarkan proses kalibrasinya, Electronic balance dibagi menjadi 2 jenis, yakni:

  • Kalibrasi Eksternal
  • Kalibrasi Internal

timbangan elektronik external kalibrasi merupakan timbangan elektronik yang memerlukan komponen lain(sebutkan saja bandul kalibrasi) untuk proses kalibrasi. Proses kalibrasi ini perlu dilakukan orang yang memang berkompeten dalam hal kalibrasi timbangan analitik.

Timbangan analitik internal kalibrasi merupakan timbangan elektronik yang untuk melakukan proses kalibrasi tidak memerlukan komponen tambahan. Pada timbangan analitik internal kalibrasi kita tinggal melakukan pengaturan ulang timbangan mengikuti sesuai buku panduan.

Bagian-Bagian pada Saldo Elektronik

Pada umumnya, sebelum kita menggunakan alat laboratorium tentunya harus memahami terlebih dahulu apa fungsi alat tersebut dan bagian mana yang perlu menangani lebih hati-hati. Dalam hal ini, kita akan membahas mengenai bagian-bagian pada timbangan elektronik.

Pada dasarnya timbangan elektronik memiliki fungsi yang sama, yakni mengukur massa suatu zat. Beberapa bentuk dari Electronic balance mungkin membuat anda bingung mengenai bagian dari Electronic balance tersebut. Berikut adalah beberapa contoh gambar saldo Elektronik : 

 Setelah Anda melihat beberapa gambar timbangan elektronik, tentu Anda memahami bahwa sebenarnya poin utama pada timbangan elektronik adalah pelat timbangan. Weighing plate merupakan bagian dari Electronic balance yang digunakan untuk meletakan zat yang akan kita hitung massanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *